Gerhana Bulan Parsial

Gerhana Bulan, terjadi ketika bumi berada di antara bulan dan matahari. "Jadi bumi ada di tengah-tengah, sehingga sinar matahari yang dipantulkan oleh bulan akan terhalangi oleh bumi sehingga bayangan bumi jatuh ke bulan," jelasnya.

Gerhana Bulan Parsial - Weekend kali ini, warga Kota Bandung akan dapat menyaksikan suatu fenomena alam. Sabtu (26/6/2010) mulai pukul 17.15 WIB hingga 20.00 WIB,akan ada gerhana bulan separuh. Peristiwa langka ini dapat dinikmati dengan mata telanjang.

Di Bandung, meski peristiwa gerhana mulai terjadi sejak pukul 17.15 WIB, namun karena bulan baru akan terbit di ufuk timur pada 17.40 WIB maka baru akan terlihat pada waktu tersebut.

Sementara itu puncak gerhana akan terjadi pukul 18.40 WIB di mana setengah piringan bulan akan tertutup dengan bayangan bumi.

"Maksimal 50 persen bulan tertutup bayangan bumi. Jadi hanya sebagian, tidak total," ujar Direktur Observatorium Bosscha, Hakim L Malasan, saat dihubungi wartawan via ponsel, Jumat (25/6/2010).

Gerhana ini dikatakan Hakim dapat dilihat dengan mata telanjang. Apalagi jika cuaca cerah dan mendukung. "Gerhana ini bisa dilihat dengan mata telanjang di ufuk timur," katanya.(bandung.detik.com)

No comments:

Post a Comment